Budidaya Ikan di Kolam Terpal

Kolam terpal adalah alternatif untuk budidaya ikan tidak membutuhkban tempat yang besar. Kolam terpal termasuk golongan kolam air tenang. Bedanya, kontruksi kolam dibuat dari
bambu atau kayu yang dilapisi terpal untuk tempat menampung badan air. Di sebut kolam terpal karena wadah yang digunakan untuk menahan air agar tidak merembes keluar dibuat dari terpal. Terpal yang dipakai adalah terpal plastik yang bisa dipakai untuk atap gubuk darurat. Kolam terpal hanya tepat digunakan untuk budidaya ikan di air tenang seperti gurame, nila, mujahir, lele, dan gabus.


http://solusiwanitamodern.com/


Kolam terpal bisa dibuat di pekarangan atau di halaman rumah karena tidak memerlukan lahan yang luas. Kolam terpal ini dapat digunakan untuk budidaya ikan sebagai kerja sampingan keluarga, bisa dilakukan ibu rumah tangga dan anggota keluarga yang lain. Di samping sebagai usaha sampingan yang menghasilkan, budidaya ikan air tawar di kolam terpal juga bisa dijadikan sarana hiburan keluarga.

Ukuran kolam terpal bisa kecil atau sedang sesuai lahan yang tersedia. Yang kecil, panjang 3m X lebar 1m X tinggi 1m. Bisa pula dibuat dengan ukuran sedang, panjang 6m X lebar 2m X tinggi 1m

Untuk membuat kolam terpal, kerangkanya dibuat terlebih dahulu dengan bambu atau usuk yang diberi bilah bambu atau reng untuk menahan terpal sehingga terbentuk sebuah kolam. Setelah jadi, terpal bisa dipasang dan diikat agar terpal tidak mudah bila tertiup angin. Untuk mempermudah pengantian air, kolam terpal bisa dilengkapi dengan saluran pembuangan di dasar kolam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budidaya Ikan di Kolam Terpal"

Poskan Komentar